macam macam pupuk kompos

pupuk kompos merupakan termasuk dari salah satu jenis pupuk organik yang sering digunakan dan manfaatnya yang..... membuat orang berminat untuk mendapatkannya

macam macam pupuk kompos

MACAM MACAM PUPUK KOMPOS


 Pupuk kompos termasuk salah satu pupuk organik yang dibuat dengan cara menguraikan sisa – sisa tanaman dan hewan dengan bantuan organisme hidup,
Terbentuknya humus di hutan merupakan salah satu contoh pengomposan secara alami, prosesnya berjalan dengan sangat lambat, bisa sampai berbulan bulan sampai bertahun tahun. 

Kemudian manusia membuat teknologi pengomposan yang dikembangkan dari proses penguraian material organik yang terjadi di alam bebas, sehingga pengomposan yang dikelola manusia bisa dilakukan dalam tempo yang lebih singkat.

Teknologinya yang sederhana dan pembuatan pupuk kompos masih dibilang sangat mudah, semua orang bisa mengerjakannya, baik sekala pertanian maupun sekedar keperluan pekarangan
Pembagian pupuk kompos.


Pupuk kompos dibagi menjadi tiga aspek, yang pertama dilihat dari proses pembuatannya yaitu kompos aerob dan kompos anaerob, yang keedua dilihat dari dekomposernya, ada yang menggunakan mikroorganisme ada juga yang memanfaatkan aktifitas mikroorganisme, dan yang ketiga dilihat dari bentuknya.
Ada empat macam jenis popok yang umum dipakai oleh petani yaitu:

1.Pupuk kompos aerob


Pupuk kompos aerob dibuat melalui proses biokimia yang melibatkan oksigen. Bahan baku utama pupuk kompos aebok adalah sisa tanaman, kotoran hewan atau campuran dari keduanya, proses dari pembuatan ini memakan waktu 40-50 hari.

2.Pupuk bokashi

Pupuk bokashi merupakan salah satu tipe pupuk kompos anaerob yang paling terkenal. Ciri khas dari pupuk ini terletak pada jenis inokulan yang digunakan sebagai starternya efektif mikroorganisme (EM4).

3.Vermikompos
Vermikompos merupakan produk kompos yang memanfaatkan makroorganisme yang digunakan sebagai pengurai, vermikompas dibuat dengan cara memberikan bahan organik sebagai pakan bagi cacing tanah, nantinya kotoran yang dihasilkan cacing tanah inilah yang dinamakan vermikompos.


4.Pupuk organik cair

Pupuk organik cair merupakan pupuk kompos yang dibuat dengan cara pengomposan basah, peroses pembuatannya bisa dengan cara aerob dan dengan cara anaerob. Kelebihan dari pupuk organik cair karena lebih mudah diseerap oleh tanaman, hingga penggunaannya lebih efektif diberikan pada daun ketimbang akar kecuali menggunakan system hidroponik. Penggunaan pupuk ini dengan cara tidak bijaksana akan berdampak daun cepat layu

Baca juga manfaat pupuk organik dan 
bahaya pupuk organik



  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    macam macam pupuk kompos
      Komentar(0)